Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Phising dan Cara mencegahnya




Phising, berasal dari kata fishing yang artinya memancing. Penjelasannya begini, phising akan mengarahkan korban ke sebuah halaman web palsu (fake webpage) yang hampir sama persis dengan halaman web aslinya (Spoofed webpage). Dengan halaman palsu inilah, seorang hacker akan memancing korban untuk memasukan informasi yang dibutuhkan, (seperti username, password, dll). Dan ketika korban memasukan username dan password pada halaman login palsu (fake login), maka setiap informasi yang dimasukan akan disimpan pada webserver hacker. Kemudian dengan username dan password yang telah tersimpan itulah, hacker dapat leluasa memasuki akun korban dan melakukan apa saja terhadap akun korban tersebut.

Menurut wikipedia phising itu adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi rahasia, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.

Phishing yaitu aktivitas seseorang untuk mendapatkan informasi rahasia user dengan cara menggunakan email dan situs web yang menyerupai aslinya atau resmi. Informasi rahasia yang diminta biasanya berupa password account atau nomor kartu kredit,SSN, detail pembayaran dll.

Phisher adala pelaku dari phishing. Phisher kadang dapat menggunakan email,banner atau popup window untuk menipu user ke suatu situs web palsu, dimana disana user diminta untuk memberikan informasi pribadinya.
Target phishing adalah kecerobohan dan ketidaktelitian para pengguna jasa situs-situs jual-beli online, internet banking, online shopping dan sejenisnya yang melibatkan transaksi secara online melalui situs internet atau layanan telepon selular.




  • Email / Spam :
Phisher akan mengirim email yang sama ke jutaan pengguna, meminta mereka untuk mengisi informasi pribadi. Rincian ini akan digunakan oleh phisher untuk kegiatan ilegal mereka. Phising dengan email dan spam adalah Phising scam yang sangat umum.Sebagian besar pesan memiliki catatan yang mendesak yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan kredensial untuk memperbarui informasi account, rincian perubahan, dan memverifikasi account. Kadang-kadang, mereka mungkin akan diminta untuk mengisi formulir untuk mengakses layanan baru melalui link yang disediakan dalam email.
  • Pengiriman Berbasis Web :
Web berbasis pengiriman adalah salah satu teknik Phising yang paling canggih. Juga dikenal sebagai “man-in-the-middle,” hacker terletak di antara situs web asli dan sistem Phising.Phisher Jejak rincian selama transaksi antara situs yang sah dan pengguna. Sebagai pengguna terus menyampaikan informasi, itu dikumpulkan oleh phisher, tanpa pengguna mengetahui tentang hal itu.
  • Pesan Instan :
Olah pesan cepat adalah metode di mana pengguna menerima pesan dengan link yang mengarahkan mereka ke situs web Phising palsu yang memiliki tampilan yang sama dan merasa sebagai situs yang sah. Jika pengguna tidak melihat URL, mungkin sulit untuk membedakan antara situs palsu dan sah. Kemudian, pengguna diminta untuk memberikan informasi pribadi pada halaman.
  • Trojan Hosts :
Trojan Hosts, hacker terlihat mencoba untuk login ke account pengguna Anda untuk mengumpulkan kredensial melalui mesin lokal. Informasi yang diperoleh kemudian dikirim ke phisher.
  • Manipulasi Tautan :
Manipulasi link adalah teknik di mana phisher mengirimkan link ke sebuah website. Bila pengguna mengklik pada link menipu, itu membuka website phisher, bukan dari situs yang disebutkan di link. Salah satu anti-Phising teknik yang digunakan untuk mencegah manipulasi link adalah untuk memindahkan mouse ke link untuk melihat alamat yang sebenarnya.
  • Key logger :
Key logger mengacu pada malware yang digunakan untuk mengidentifikasi input dari keyboard. Informasi ini dikirim ke hacker yang akan memecahkan password dan jenis-jenis informasi. Untuk mencegah Key logger dari mengakses informasi pribadi, situs web aman memberikan pilihan untuk menggunakan klik mouse untuk membuat entri melalui keyboard virtual.
  • Session Hacking :
Dalam Session Hacking, phisher memanfaatkan sesi web mekanisme kontrol untuk mencuri informasi dari pengguna. Dalam prosedur sesi sederhana hacker dikenal sebagai sesi mengendus, phisher dapat menggunakan sniffer untuk mencegat informasi yang relevan sehingga ia dapat mengakses server Web secara ilegal.
  • Sistem rekonfigurasi :
Phisher akan mengirim pesan dimana pengguna diminta untuk mengkonfigurasi ulang setting dari komputer. Pesan tersebut mungkin berasal dari alamat web yang menyerupai sumber yang dapat dipercaya.
  • Konten Injeksi :
Injeksi Konten adalah teknik di mana phisher mengubah bagian dari konten pada halaman situs diandalkan. Hal ini dilakukan untuk menyesatkan pengguna untuk pergi ke halaman luar situs yang sah di mana pengguna diminta untuk memasukkan informasi pribadi.
  • Phising melalui Search Engine :
Beberapa penipuan Phising melibatkan mesin pencari mana pengguna akan diarahkan ke situs produk yang dapat menawarkan produk dengan biaya rendah atau jasa. Ketika pengguna mencoba untuk membeli produk dengan memasukkan rincian kartu kredit, itu dikumpulkan oleh situs Phising. Ada banyak situs bank palsu yang menawarkan kartu kredit atau pinjaman kepada pengguna pada tingkat yang rendah tetapi mereka sebenarnya situs Phising.
  • Phone Phising :
Dalam Phone Phising, phisher membuat panggilan telepon ke pengguna dan meminta user untuk dial nomor. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi pribadi dari account bank melalui telepon. Telepon Phising banyak dilakukan dengan caller ID palsu.
  • Malware Phising :
Penipuan Phising melibatkan malware memerlukannya untuk dijalankan pada komputer pengguna. Malware ini biasanya melekat pada email yang dikirimkan kepada pengguna oleh phisher. Setelah Anda klik pada link, malware akan mulai berfungsi. Kadang-kadang, malware juga dapat disertakan pada file download.
Phisher mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan web untuk mendapatkan informasi sensitif yang digunakan untuk tujuan penipuan.



Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menghindari atau mencegah ‘phishing’ ini :
  1. Ceklah dengan teliti URL atau address yang sedang Anda tuju, pastikan bahwa alamat yang tertera di Address bar adalah benar bahwa alamat tersebut adalah alamat yang Anda tuju.
  2. Biasakan mengetik URL atau alamat situs yang Anda tuju, hindari link dari Web yang Anda rasa mencurigakan.
  3. Gantilah password Anda secara berkala, baik 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan atau pada periode tertentu, hal ini bermanfaat agar password Anda sulit dilacak.
  4. Jangan pernah membalas email yang mencurigakan apalagi memasukkan sandi pada situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai serta mengirimkan password dan data pribadi penting anda melalui email. Situs atau bisnis yang sah umumnya tidak akan meminta informasi melalui email.
  5. Jika anda menerima permintaan informasi sensitif, buka jendela browser baru dan pergi kesitus organisasi dengan mengetik alamat website organisasi untuk meyakinkan bahwa anda sedang berhadapan dengan situs organisasi real dan bukan dengan website phiser. Jika ada sesuatu yang diperlukan dari anda, biasanya ada pemberitahuan disitus organisasi ini atau jika anda tidak yakin dengan permintaan ini sebaiknya menghubungi situs organisasi tersebut untuk bertanya.
  6. Jangan pernah membuka situs yang mencurigakan atau tidak anda percayai. Periksa URL untuk memastikan halaman sebenarnya adalah  bagian dari situs organisasi dan bukan halaman penipuan pada domain yang berbeda seperti mybankk.com atau g00gle.com 
  7. Berhati-hati terhadap tawaran yang fantastis yang tampaknya terlalu mudah untuk menjadi kenyataan, ini  mungkin PHISER.
  8. Gunakan browser yang memiliki filter phising yang akan membantu anda mengetahui serangan phising potensial. Alamat situs yang aman dimulai dengan “https://” dan menampilkan icon Gembok terkunci diperamban anda.
 Sekian artikel Pengertian Phishing dan Cara mencegahnya semoga bermanfaat :)

Referensi :
https://dewiwinarsih4.wordpress.com/

Di atas langit masih ada burung

Post a Comment for "Pengertian Phising dan Cara mencegahnya"